Selasa, 25 Mei 2010

Keanggunan Tari Bali

Bagi masyarakat Bali tarian tidak bisa dipisahkan dari setiap kegiatan keagamaan, namun dengan anggapan seperti ini bukan berarti setiap orang Bali bisa menari. Ada yang memang lahir mempunyai bakat ini, biasanya juga bapak dan ibu ataupun kakeknya dulu juga penari.

Tari Oleg (seperti yang tampak pada gambar disebelah), salah satu tarian Bali yang paling terkenal. Tarian ini diciptakan oleh I Ketut Maria atau lebih dikenal dengan nama Mario. Mario yang berasal dari Tabanan ini juga telah menjelajah berbagai negara di kala itu (sekitar 1958) untuk memperagakan kepiawaiannya menari.

Sebagai orang Bali aku tentu saja mencintai kesenian Bali, terutama tarian-tariannya, yang perempuan begitu anggun, kalau yang laki akan tampak gagah seperti pada tari Baris. Nah jika keindahan seperti ini dipagari oleh sebuah peraturan tentang pornographi tentu saja tidak pada tempatnya. Bener gak?

Credits : DeeBali

1 komentar:

Yosh mengatakan...

Nice blog gan moga tambah sukses kedepannya amin. di tunggu postingan berikutnya. mari mengenal keindaha alam pariwisata alam lombok utara di http://7og4nk.blogspot.com